Tips Merawat Vagina Usai Melahirkan

Jika persalinan normal, Anda mungkin melihat beberapa perubahan dalam vagina mengalami postpartum. Vagina daerah dapat rasa sakit, mati rasa, bengkak, terasa kering, atau terlihat lebih lebar dari biasanya. Jika vagina robek dan telah menusuk gain, nyeri mungkin dirasakan lebih parah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa tidak nyaman di vagina setelah melahirkan:

Tips Merawat Vagina Usai Melahirkan

rasa sakit pada vagina. Tak lama setelah melahirkan, dapat vagina sakit daerah atau sakit. Hal ini dapat disertai dengan pembengkakan dan mati rasa. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, Anda bisa membungkus es di kain, dan tempelkan ke daerah vagina selama 10 sampai 20 menit.

Kondisi ini biasanya dapat membaik dalam setengah sampai tiga bulan setelah melahirkan.

kekeringan vagina. Penurunan kadar estrogen setelah kehamilan dapat mengurangi produksi pelumasan dan vagina terasa kering. Tingkat dapat mundur jika Anda sedang menyusui. Kondisi ini bisa membuat aktivitas seksual adalah terganggu atau bahkan menyakitkan.

Untuk mengatasi kekeringan vagina, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Minum banyak air untuk hidrat tubuh Anda.
  • Meningkatkan waktu yang dihabiskan untuk foreplay sebelum hubungan seksual.
  • Jika Anda tidak memiliki cukup vaginanya basah setelah foreplay, Anda dapat menggunakan pelumas berbasis air produk.
  • Coba posisi yang berbeda dan teknik bercinta.
  • Mungkin Anda bisa mencoba menggunakan krim pelembab ke vagina.

Vagina membuka lebar. Pelebaran lubang vagina yang disebabkan oleh peregangan otot-otot dasar panggul oleh kelahiran. Meskipun kemungkinan vagina tidak kembali ke normal serta untuk pengiriman, masalah ini dapat diatasi dengan melakukan latihan di lantai panggul, atau disebut latihan Kegel. Senam dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina dan panggulmu dasar dan menciptakan hubungan intim menjadi lebih baik.

Bagaimana melakukan latihan Kegel, seperti ketika Anda mencoba untuk tidak buang air kecil. Pada awal pelatihan, toning dan relaksasi otot cepat. Setelah itu dilakukan secara perlahan, tapi tidak untuk melakukan kontraksi lebih dari 10 detik. Ulangi ini 10 kali setnya a. Latihan kegel bisa sebanyak 4-6 set per hari.

Latihan kegel sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam praktek dan bisa dilakukan di mana saja seperti ketika Anda menonton TV, membaca buku, atau menunggu dalam antrean di kasir.

Menusuk di daerah vagina atau episiotomi. Dalam hal ini, selalu suka jahitan bersih dan kering untuk mengurangi risiko infeksi di daerah vagina. Bagaimana Anda bisa lakukan meliputi:

  • Mandi setidaknya sekali sehari dapat membantu untuk jahitanmu tetap bersih.
  • Mengganti pembalut secara teratur dan jangan lupa tangan sebelum dan setelah mengubah mencuci.
  • Mari jahitan terkena udara. Caranya, Anda dapat membuka celana, dan di tempat tidur selama 10 menit untuk mengeringkan dengan cepat menusuk. Jangan lupa untuk membuat kain atau handuk di bawah pantat untuk menjaga kain linen tetap bersih.
  • Gunakan pakaian, celana atau rok yang terbuat dari katun dan longgar untuk jahitanmu terkena udara. Dia bisa tetap kering. Ingat bahwa jahitan lebih kering, proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Untuk mengatasi menusuk rasa sakit, bagaimana Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Dingin kompres jahitan selama 30 menit. Jika Anda ingin untuk kompres, untuk menunggu 60 menit.
  • Di mana pun Anda pergi, selalu botol air panas dicampur antiseptik diresepkan oleh dokter. Jadi jika Anda ingin pergi ke toilet, Anda dapat melakukan bilasan akhir dengan cairan.
  • Merendam daerah vagina dengan air hangat dicampur dengan antiseptik dapat melakukannya juga. Kemudian daerah kering dengan handuk lembut bersih.
  • Jika Anda merasa sakit ketika duduk, Anda dapat menempatkan bantal lembut di bawah bokong Anda. Jangan duduk dengan kaki terbuka lebar.
  • Ketika buang air besar (BAB), tidak mendorong terlalu keras. Agar mudah dikeluarkan feses saat buang air besar, disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan kaya serat.
  • Lakukan latihan Kegel secara teratur. Latihan ini dapat meningkatkan aliran darah ke area penusukan dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Minum obat anti-nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen. Namun, jika Anda sedang menyusui, pertama berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Jika Anda merasa Anda tidak membaik daerah vagina atau bahkan meningkat rasa sakit atau tanda-tanda infeksi, segera periksakan ke dokter.

BACA : Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

One thought on “Tips Merawat Vagina Usai Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *